Profil

logo

“Yayasan Peduli Orangutan Indonesia”

.

Latar Belakang.

Yayasan Peduli Orangutan Indonesia ( YPOI ) adalah organisasi nirlaba yang concern dengan upaya konservasi orangutan dan habitatnya dan pengembangan penghidupan ekologis berwawasan konservasi orangutan dan habitatnya.

Organisasi ini pada awalnya berbentuk Club Peduli Orangutan Indonesia (CPOI). Yang terbentuk sejak tanggal 26 Nopember 2006. Untuk memperkuat legalitasnya, pada tanggal 24 agustus 2016, dikukuhkan menjadi yayasan Peduli Orangutan Indonesia dengan akte notaris No.53 tanggal 24 Agustus2016 (S.K Menteri Hukum dan HAM R.I. No. AHU-0034138.AH.01.04 Tahun 2016) berdasarkan akta notaris sdri. Nurlelun S.H., M.Kn. Organisasi ini melanjutkan program-program yang dilakukan sejak tahun 2006 memfasilitasi kegiatan pengembangan aksi konservasi bersama masyarakat desa sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Leuser  melalui program Mobil Education & Conservation Unit ( MECU ).

Pilihan YPOI bekerja bersama masyarakat desa sekitar habitat orangutan adalah untuk memastikan terwujudnya upaya konservasi orangutan dan habitatnya dan berjalan secara berkesinambungan. Dukungan dan peran serta aktif mereka menjadi penentu keberhasilan upaya konservasi orangutan dan habitatnya, sebab penghidupan mereka berhubungan secara langsung dengan orangutan dan habitatnya. Masyarakat petani sekitar habitat orangutan yang sadar dan peduli akan menjadi agen penting dalam perlindungan orangutan dan habitatnya. Sedang masyarakat petani yang tidak memiliki pengetahuan dan kepedulian akan menjadi ancaman bagi kelestarian orangutan dan habitatnya. Hal inilah yang menjadi dasar YPOI untuk melakukan serangkaian upaya memperkuat masyarakat untuk memastikan keberhasilan dan berkelanjutannya upaya konservasi orangutan dan habitatnya.

Dalam bekerja memperkuat peran serta aktif masyarakat desa sekitar habitat orangutan, YPOI dituntut untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan serta menerapkan methodologi dan strategi yang kuat dan tajam agar mampu membongkar paradigma masyarakat yang menganggap peningkatan ekonomi dan pencapaian kesejahteraan yang instans sebagai tujuan utama. Paradigma ini telah menyebabkan upaya-upaya yang destruktif terhadap alam. Ilegal logging, perburuan satwa dan perambahan hutan marak dan terus terjadi, sehingga menyebabkan persoalan serius kerusakan alam. Prilaku dengan paradigma ekomoni-ansi ini pada jangka panjang menyebabkan kerentanan bagi kesejahteraan penghidupan masyarakat, prilaku seperti ini berdampak kepada mengembalikan mereka kepada kehidupan yang kembali miskin, setelah potensi alamnya hancur.

Upaya memperkuat peran serta aktif masyarakat desa sekitar habitat orangutan membutuhkan dukungan dan kolaborasi multi stake holder sebab YPOI dan masyarakat desa sekitar habitat orangutan tak mampu bekerja sendiri, banyak persoalan, seperti; Degradasi kawasan hutan, perburuan satwa, konflik satwa, ilegal logging dan perambahan hutan. Persoalan ini  yang perlu dipecahkan sehingga membutuhkan peran serta aktif semua pihak, untuk memastikan terwujudnya upaya konservasi orangutan dan habitatnya.

Melalui program Mobile Education & Conservation Unit ( MECU), YPOI juga mengembangkan kegiatan-kegiatan monitoring & investigasi, retorasi kawasan terdegradasi,  penataan dan pembangunan border habitat orangutan sebagai zona penyediaan pakan orangutan, menggalang dukungan dan keterlibatan volunteer untuk memperkuat upaya konservasi dan ecotourism untuk memastikan keberlanjutan upaya dan aksi konsevasi orangutan dan habitatnya.

 

VISI.

Terlindunginya Orangutan dan habitatnya yang harmonis dengan upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat.

 

MISI.

Mendukung prakarsa pembangunan yang sejahtera dan berwawasan ekologis, dalam hubungan yang harmonis dengan upaya pelestarian Orangutan dan habitatnya, melalui peran serta aktif masyarakat sekitar kawasan habitat Orangutan serta dukungan dan kolaborasi multi stake holder.

 

TUJUAN.

  • Melakukan upaya pelestarian orangutan dan habitatnya.
  • Mengembangan inisiatif dan peran serta aktif masyarakat mengembangkan penghidupan yang sejahtera dan berwawasan ekologis.
  • Menggalang dan mengembangkan dukungan masyarakat luas dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan konservasi orangutan dan habitatnya.
  • Memperkuat kelembagaan & personil penggiat dan pengelola kawasan konservasi dalam menggembangkan upaya pengelolaan dan perlindungan kawasan habitat Orangutan.
  • Mendorong lahirnya kebijakan perlindungan Orangutan & Habitanya dan pengembangan penghidupan masyarakat yang sejahtera berwawasan ekologis.